Cerita Tentang Zakumi, Maskot Piala Dunia 2010

Posted: Minggu, 13 Juni 2010 by piriwitbandung in
2




Selalu ada maskot dalam setiap perhelatan Piala Dunia. Penciptaan maskot piala dunia dimulai pada Piala Dunia 1966 di Inggris. Kala itu, 'Willie' seekor singa dijadikan maskot sebagai lambang dari fair play. Semenjak itulah, piala dunia selalu memunculkan berbagai tokoh yang dijadikan maskot. Biasanya, maskot-maskot tersebut mempresentasikan negara dimana piala dunia tersebut diselenggarakan.

Kali ini, Zakumi menjadi maskot piala dunia 2010. Siapa Zakumi? Zakumi adalah seekor singa afrika nyentrik berambut hijau. Uniknya lagi, singa afrika ini kabarnya sedang terancam punah. Oleh karena itulah, Andries Odendaal, designer pencipta zakumi memilih singa afrika sebagai maskot piala dunia kali ini.

Selain itu, Andries Odendaal berusaha mengangkat konten lokal Afrika untuk menggambarkan semangat Afrika Selatan dalam menyelenggarakan piala dunia. Hal tersebut diakui oleh Sekretaris Jenderal Fifa, Jérôme Valcke dalam situs fifa.com
"Zakumi mewakili warga, geografi dan semangat Afrika Selatan. Ia sekaligus mencerminkan esensi Piala Dunia 2010. Kami yakin akan memiliki banyak hal yang menyenangkan dengan Zakumi."


Zakumi sendiri lahir pada tanggal 16 Juni 1994, bertepatan dengan hari pemuda nasional di Afrika Selatan. Kata "zakumi" sendiri berasal dari dua suku kata, "za" yang berarti kode internasional bagi Afrika Selatan, dan "kumi" yang berarti sepuluh dalam berbagai bahasa Afrika. Warna yang dominan dalam zakumi adalah kuning dan hijau, warna kesebelasan Afrika Selatan saat berlaga.



Karakter Zakumi juga diabadikan dalam komik buatan Stephen Francis dan Rico yang berjudul "The Adventures of Zakumi". Dalam komik tersebut, diceritakan bagaimana kehidupan seekor singa afrika dengan latar belakang kehidupan afrika.
Selain itu, zakumi juga diabadikan dalam film animasi 3 dimensi oleh Ministry of illusion (MOI), perusahaan animasi yang berlokasi di Johannesburg, Afrika Selatan.


Iman Purnama

2 comments:

  1. Anonim says:

    lucu si zakumi.
    Kalau ada perbandingan maskot-maskot piala dunia dari tahun ke tahun lebih asik nih kayaknya :D

  1. seanadainya World Cup diadakan di Indonesia, sepertinya orang utan maskot yang cocok , atau REOG saja ? ;p