Resensi: 100+ Fakta Unik Piala Dunia

Posted: Rabu, 09 Juni 2010 by piriwitbandung in
2

Judul 100+ Fakta Unik Piala Dunia
Penulis Asep Ginanjar & Agung Harsya
Penerbit Serambi
Tahun terbit Januari 2010
Jumlah halaman 235 halaman


Piala Dunia adalah fenomena akbar yang ditunggu-tunggu 4 tahun sekali. Olahraga terpopuler sejagad raya ini menyedot banyak perhatian orang-orang di seluruh dunia. Tua-muda, pria-wanita, kaya-miskin, semuanya larut dalam kegembiraan merayakan pentas olahraga yang konon sudah ada sejak awal Masehi ini. Tak terkecuali Piala Dunia 2010 yang mulai berlangsung di Afrika Selatan 11 Juni nanti. Semua pecandu sepakbola tak sabar menanti aksi para jagoan mereka di lapangan hijau, dan - tentu saja - mereka berharap-harap cemas apakah negara jagoannya akan menjadi juara atau tidak.

Tapi, dari sekian banyak pecandu sepakbola di planet bumi ini, apakah semuanya paham dengan segala kejadian yang terkadang unik dan 'nyeleneh' yang terjadi di Piala Dunia? Misalnya saja, apakah para pecandu sepakbola mengerti kenapa Zinadine Zidane menanduk Marco Materazzi pada pertandingan final Piala Dunia 2006? atau apakah mereka mengerti bagaimana sesungguhnya gol "Tangan Tuhan" Diego Maradona terjadi? Mungkin banyak yang belum paham sesungguhnya apa saja "intrik'intrik" yang terjadi selama Piala Dunia digelar. Untuk itulah buku ini ada.

Sesuai namanya, buku yang ditulis oleh Asep Ginanjar dan Agung Harsya ini menyajikan fakta-fakta unik selama Piala Dunia berlangsung, mulai dari Piala Dunia pertama di Uruguay 1930 sampai Piala Dunia terakhir di Jerman 2006. Selain itu, dalam buku ini juga dibahas mengenai profil pemain, pelatih, dan tokoh-tokoh sepakbola yang turut serta mewarnai sejarah Piala Dunia. Ditambah lagi, terdapat bonus jadwal pertandingan piala dunia 2010. Secara umum, buku ini cukup menarik bagi pecandu bola di Indonesia. Terlebih lagi, waktu peluncuran buku ini sesuai dengan "world cup fever" yang sedang melanda Indonesia belakangan ini.

Walaupun begitu, banyak yang berpendapat bahwa isi buku ini terlalu "kering", karena hanya menyajikan fakta-fakta saja. Kesan yang didapat setelah membaca buku ini pun biasa-biasa saja. Hanya mendapat segudang informasi mengenai fakta-fakta unik yang terjadi di Piala Dunia. Walaupun begitu, buku ini tetap berharga untuk dikoleksi sebagai referensi mengenai olahraga yang kini sudah menjadi industri tersebut.

Iman Purnama

2 comments:

  1. wah keren. apalagi sempat liat bedah bukunya..
    semoga bermanfaat dan menambah wawasan tentang sepak bola deh ya.. :)
    mampir2 juga loh ke kami.. :)

  1. oh ya? bedah buku di Fikom Unpad itu ya? Saya juga dateng kok...heheheheh