Teknologi dalam Olahraga

Posted: Selasa, 08 Juni 2010 by piriwitbandung in
3

Perburuan prestasi olahraga untuk mencapai citius, altius, fortius (lebih cepat, lebih tinggi, lebih kuat), tidaklah mungkin bisa dicapai secara maksimal tanpa melibatkan perkembangan teknologi perlengkapan olahraganya.


Perkembangan teknologi membuat aktivitas olah raga tidak lagi menjadi kegiatan berat. Berbagai alat bantu, mulai dari baju yang menyerap keringat, hingga sepatu yang ringan digunakan, siap menjadi "senjata-senjata" pendukung.

Pencapaian rekor di suatu cabang, misalnya, tidak semata lahir dari kekuatan manusia saja. Teknologi yang lebih menentukan penambahan prestasi dari atlet yang menggunakan teknologi itu.

Kini teknologi sudah menjadi bagian dari olahraga. Seorang atlet tampil perkasa di ajang dunia, tak hanya karena dia memiliki kemampuan. Juga karena ditunjang dengan faktor yang lain, seperti teknologi, dan mengetahui kekuatan lawan. Kompetisi olahraga modern layaknya seperti medan perang.

Sebagai contoh kita ambil baju renang Speedo LZR Racer. Speedo LZR Racer yang dirancang NASA badan antariksa AS. Di arena renang, body suit tersebut menjadikan pembalap mampu meningkatkan kecepatan bergeraknya untuk meraih waktu terbaik, karena meminimalkan hambatan (drag) yang terjadi di dalam air. Saat tim renang AS melakukan uji coba menjelang Olimpiade dengan menggunakan pakaian renang tersebut, dua perenang andalan mereka, Michael Phelps dan Katie Hoff mampu mencetak rekor baru dunia, masing-masing pada nomor 400 m gaya ganti perorangan putra dan putri.


Garis merah menunjukan aliran air




Desain baju renang Speedo LZR Racer




Selain itu juga masih ada lagi, contohnya sepatu sepak bola yang di gunakan oleh Cristiano Ronaldo. Produk Nike meluncurkan sepatu khusus berteknologi tinggi untuk C. Ronaldo, agar dapat mempercepat saat lari di lapangan rumput, karena sepatu ini memiliki system pegas di gigi sol bawah sepatu. Selain itu juga sepatu ini cocok mengontrol bola untuk kaki cepat. Sepatu sepak bola ini dirancang dengan baik. Sepatu ini terbuat dari bahan karbon komposit.T
Tidak seperti dahulu, sepatu sepak bola hanya di disain bergigi agar tidak licin di lapangan berumput. Sepatu sepak bola dahulu tidak begitu mementingkan ke-efektifitasannya.






Mercurial Vapor Superfly II Boot, yang akan di pakai C.Ronaldo saat Piala Dunia 2010 (kiri). Sepatu sepak bola zaman dahulu (kanan)


Tidak hanya peralatan yang di pakai seseorang untuk melengkapi saat ber-olahraga, seperti hal-nya di dunia balap F1, setiap tim berlomba-lomba teknologi aerodinamik. Hal ini sangat berpengaruh ketimbang mesinya itu sendiri. Pada zaman dahulu, memang benar orang berlomba kecepatan dengan kekuatan mesin. Tetapi pada zaman sekarang tak hanya kekuatan mesin saja, melainkan sayap-sayap di mobil ini sangat perlu.



Perbedaan mobil F1 dahulu dan sekarang.


Dari beberapa contoh penjelasan-penjelasan di atas, menunjukan bahwa dalam berbagai cabang olahraga pada zaman ini, telah menunjukan perkembangan teknologi yang begitu pesat.

Dampak negatif dari perkembangan teknologi dalam bidang olahraga adalah :
• Biaya yang dikeluarkan sangat besar.
• Terlalu mudah, hingga skill pemain kurang begitu digunakan.

Dampak positif dari perkembangan teknologi dalam bidang olahraga adalah :
• Memudahkan mendapat gelar atau rekor.
• Tidak perlu menguras tenaga lebih untuk hasil yang maksimal.

Refa I Adiredja

3 comments:

  1. terkadang pemakaian teknologi mereduksi kadar seni dari olahraga itu sendiri...
    kesempurnaan telah mengebiri emosi dalam menikmati olahraga

  1. teknologi memiliki sisi positif dan negatif, tergantung dari yang menggunakannya dan untuk apa. apakah kita yang mengatur teknologi atau teknologi yang mengatur kita?